Mengapa Harga Mobil Mewah di Indonesia Lebih Mahal dari Negara Lain?

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang dibutuhkan oleh banyak orang sebagai Penunjang kegiatannya, baik dalam bekerja ataupun kegiatan sehari-hari lainnya. Mobil juga dapat digunakan sebagai salah satu kendaraan digunakan oleh keluarga untuk bepergian. Hampir semua kalangan membutuhkan kendaraan yang satu ini, baik dari kalangan yang menengah ataupun kalangan atas. Dalam memilih mobil pun, kebanyakan orang memilih dari segi harganya untuk menjadi pertimbangan utama dalam pembelian mobil. Pasti banyak sekali orang yang ini memiliki mobil yang murah dan juga kualitas yang memadai.

Jika berbicara mengenai harga, mobil, mobil yang dijual di Indonesia termasuk mobil yang dikatakan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan mobil yang dijual di negara lain. Hal ini juga berlaku untuk semua jenis mobil, baik dari mobil yang biasa digunakan sehari-hari ataupun mobil sport Dan juga mobil mewah. Pernahkah Anda bertanya tanya, mengapa harga mobil di Indonesia termasuk mobil mewah yang sudah mahal, menjadi semakin mahal lagi.

Mengapa Harga Mobil Mewah di Indonesia Lebih Mahal dari Negara Lain?

 

 

Sel satu penyebab utama dari tingginya harga mobil yang berada di Indonesia yaitu kelima pajak mobil yang dikenakan di Indonesia jauh lebih tinggi dibandingkan dengan negara lainnya. Hal ini karena kan mobil termasuk dalam salah satu kategori barang mewah. Sebagian besar mobil yang masuk ke Indonesia merupakan barang barang impor. Untuk mobil nasional pun juga nya tidak banyak, hanya ada mobil Timor di orde baru dan juga mobil Esemka.

Indonesia memang belum memiliki kemampuan yang memadai untuk membuat mobilnya sendiri, sehingga sebagian besar mobilnya masuk Indonesia merupakan mobil import hasil Mengapa Harga Mobil Mewah di Indonesia Lebih Mahal dari Negara Lain?sil dari produk lain. Hal ini menyebabkan bea cukai harus membayar pajak agar mobil tersebut dapat masuk ke Indonesia. Sehingga ketika mobil tersebut telah ada di Indonesia, harga mobil akan menjadi mahal dibandingkan dengan harga aslinya.

Bukan hanya dikenakan pajak saja, melainkan ada juga faktor lain yang menjadikan harga belinya semakin mahal, yaitu pungutan. Banyak pungutan yang ditarik ketika mobil baru keluar dari pabrik dan saat mobil sampai ke diler. Semakin besar ukuran mesin nya maka harga yang dihasilkan juga akan menjadi lebih mahal lagi, khususnya di di Indonesia.

Untuk Indonesia sendiri, terdapat banyak pajak kendaraan yang dibebankan langsung kepada Sang pemilik kendaraan. Dimulai dari PPNBM ( pajak penjualan atas barang mewah ), administrasi anggaran, dan juga beban konsumen dalam pajak progresif. Hal ini dapat terjadi sebab industri otomotif merupakan salah satu bidang industri yang memberikan kontribusi yang besar bagi Indonesia. Maka tidak mengherankan jika harga mobil yang masuk ke Indonesia menjadi mahal.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa memiliki mobil yang Anda inginkan. Kini pemerintah Indonesia tengah Gencar melakukan sosialisasi program dengan harga yang terjangkau dan juga spesifikasi yang lumayan. Namun jika Anda ingin memiliki mobil mewah, Anda harus menyisihkan pendapatan Anda dan juga menyiapkan budget yang besar agar mobil mewah yang Anda inginkan dapat terbeli.